6 Cara Print Textile yang Paling Terkenal

print textile

Print textile telah menjawab kebutuhan pasar. Dimana semakin berkembangnya sebuah desain dan kerumitannya membuat print textile semakin dicari. Karena tidak bisa kita pungkiri sekala aspek fashion dan aksesoris mempunyai desain yang unik baik itu di tas, baju, celana dan sebagainya.

Melihat kebutuhan tersebut tentunya teknologi printing sangat dibutuhkan baik di industri skala kecil maupun besar. Dan tak heran pula jika kita lebih mudah menemukan jasa print kain baik itu di pedesaan maupun diperkotaan. Apalagi melihat perkembangan marketplace saat ini, membuat pelaku usaha konveksi banjir order untuk print kain sesuai dengan keinginan desainer.

Berbagai Print Textile yang Bisa Kamu Coba

Terdapat beberapa teknik print textile yang sudah berkembang di industri konveksi, dimana print ini untuk pencetakan berbagai gambar maupun desain pada media kain.

  • Teknik Screen Printing atau Sablon

Merupakan teknik print yang sangat umum, bahkan jasa print kain semacam ini bisa kita temukan dengan mudah di desa-desa. Peralatan utamanya yaitu screen yang sudah diberikan desain dan diatasnya nanti akan diaplikasikan cat khusus guna memberikan warna dan membentuk desain.

  • Teknik Resist Print

Resist printing menggunakan bahan utama pasta, biasanya teknik terpakai saat pembuatan batik. Caranya yaitu pattern yang sudah kamu buat akan ditimpa dengan pasta kemudian lanjut pada proses pewarnaan. Pasta akan menahan warna pada pattern sehingga akan terbentuk warna dasar yang sesuai dengan keinginanmu.

  • Teknik Spray Print

Printing textile selanjutnya menggunakan spray, spray akan kamu gunakan untuk membentuk desain atau motif pada kain. Tentunya kain yang kamu gunakan bisa kamu berikan warna dasar terebih dahulu yaa.

  • Teknik Discharge

Discharge printing merupakan proses menghilangkan warna yang ada pada sebuah area kain. Caranya yaitu dengan mencelupkannya di cairan khusus yang berbahan kimia. Cairan tersebut memang untuk proses printing kain sehingga kamu harus berhatio-hati dalam menggunakannya.

  • Teknik Sublime

Sublime printing intinya adalah menggunakan transfer paper, transfer paper yang sudah berisi desain atau motif akan melalui proses pressing untuk mentransfer desain dari kertas ke kain. Disinilah proses sublimasi terjadi.

  • Teknik Digital Printing

Berikutnya ada digital printing yang masuk dalam kategori pencetakan textile modern. Dimana prosesnya menggunakan mesin print layaknya printer kertas. Hasilnya yang cepat rapi menjadi daya tarik sendiri bagi pelaku usaha fashion.

Nah itulah tadi beberapa teknik print textile yang cukup terkenal dikalangan desainer mau pengrajin di dunia fashion maupun aksesoris. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhanmu yaa dan sesuai modal yang kamu punya dalam memproduksi produkmu.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No widgets found. Go to Widget page and add the widget in Offcanvas Sidebar Widget Area.